Penghargaan BEST PAPER AWARD, dari Organizing Committee of ICCHT 2008

Dua orang staf pengajar FTMD-ITB, yaitu Dr.Ir. Yuli Setyo Indartono dan Prof.Dr.Ir. Aryadi Suwono telah mengikuti The 4th International Conference on Cooling and Heating Technologies (ICCHT 2008) pada tanggal 28-31 Oktober 2008 di Jinhae, Korea Selatan.

Pada Konferensi tersebut, Dr. Ir. Yuli Setyo Indartono, mewakili tim peneliti, mempresentasikan makalah yang berjudul : “Development of Energy Saving-Air Conditioning Systems by Substituting Primary and Secondary Refrigerants” (Yuli Setyo Indartono, Novandri Tri Setioputro, Nathanael Panagung Tandian, Ari Darmawan Pasek dan Aryadi Suwono), dan makalah ini mendapat penghargaan Best Paper Award.

Makalah ini berisi hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti di Laboratorium Termodinamika, Pusat Rekayasa Industri, ITB. Penelitian tersebut dilakukan berangkat dari keinginan untuk menurunkan konsumsi energi pada sistem pendingin sebuah gedung. Seperti telah diketahui, sistem pendingin sebuah gedung bisa mengkonsumsi listrik hingga 60% dari konsumsi listrik keseluruhan di gedung tersebut.

Para peneliti tersebut melakukan penggantian refrigeran primer menggunakan hidrokarbon dan refrigeran sekunder menggunakan bahan yang dapat berubah fasa (phase change material). Penggunaan bahan berubah fasa sebagai refrigeran sekunder terbilang sebagai hal baru di tanah air; bahkan bahan berubah fasa tertentu yang digunakan dalam riset ini mungkin baru pertama kalinya diterapkan untuk sistem pendingin di dunia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi antara hidrokarbon (sebagai refrigeran primer) dan larutan bahan berubah fasa (sebagai refrigeran sekunder) berhasil meningkatkan prestasi (COP) mesin pendingin hingga 43,3%.

Mudah-mudahan hal ini tidak hanya berhenti sebatas riset, namun dapat diaplikasikan secara nyata dan berkontribusi terhadap penghematan energi.

Selamat atas penghargaan ini, semoga dapat memacu prestasi lainnya dalam mewujudkan ITB sebagai World Class University.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish