Pendidikan yang Tak terkomunikasikan

Barangkali tidak banyak yang tahu jika Bandung menjadi incaran banyak warga negara asing untuk menuntut ilmu. Vera Spaten Koua, warga negara ceko, merupakan salah satu contoh mahasiswa asing yang menggantungkan masa depannya di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia belajar di Indonesia sejak Agustus 2007 karena tertarik mengikuti program pertukaran pelajar s-2 di jurusan teknik mesin ITB. “Teori yang diberikan dosen lebih banyak dipraktikkan dalam bentuk praktikum”,demikian alasan Vera.

Selama belajar di ITB, ia semakin terkesan karena mahasiswanya betah berlama-lama belajar dikampus atau melakukan berbagai kegiatan, baik olahraga maupun kesenian diakhir pekan. “Dinegara sya, semua mahasiswa sudah pergi ke pub atau tempat hiburan lain setelah pukul 18.00.Di sini kebanyakan mahasiswa lebih meluangkan waktu untuk belajar”, katanya

Selain Vera, mahasiswa teknik mesin ITB dari vietnam, Pham Tuan Anh, juga mengalami hal sama. secuil informasi tentang perguruan tinggi di Indonesia diperoleh lewat sebuah brosur sebelum memutuskan belajar di ITB.

“Itu sangat kurang sekali. untunglah saya juga mengetahui ITB dari daftar peringkat universitas se Asia yang saya peroleh lewat sebuah media”, ujar Anh. Dengan keyakinan Itu ia belajar di ITB.

Sumber : Kompas

Berita Terkait

IndonesiaEnglish