Tentang FTMD

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara bertujuan untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi, wadah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang teknik mesin, aeronotika dan astronotika, serta teknik material yang unggul, handal dan terkemuka di Indonesia dan dunia serta berperan aktif dalam memajukan dan mensejahterakan bangsa dan negara.

Misi dari FTMD adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dan pendidikan berkelanjutan di bidang teknik mesin, aeronotika dan astronotika, serta teknik material.
  2. Menjaga kemutakhiran serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan teknik mesin, aeronotika dan astronotika, serta teknik material melalui kegiatan penelitian.
  3. Mendiseminasikan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pandangan/wawasan teknologi yang dimilikinya ke masyarakat luas, baik melalui lulusannya, kemitraan dengan industri atau lembaga lain, maupun melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara didirikan pada tahun 2008. Saat ini FTMD memiliki lebih dari 1200 mahasiswa S1, 100 mahasiswa program magister, dan 20 mahasiswa program doktoral. FTMD memiliki 81 dosen pengajar dengan lebih dari 85% memiliki gelar doktor. Fakultas ini mendapat akreditasi A dari BAN PT serta akreditasi ASIIN dari Jerman. FTMD mengelola 3 program studi yaitu:

  1. Program Studi Teknik Mesin
  2. Program Studi Aeronotika dan Astronotika
  3. Program Studi Teknik Material

Sejarah

Walaupun baru berdiri pada tahun 2008, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara memiliki sejarah yang panjang berawal dari tahun 1941.

  • 1941: Program Studi Teknik Mesin didirikan di Technische Hoogeschool (TH) Bandoeng. Perkembangan selanjutnya Program Studi Teknik Mesin diubah menjadi Departemen Tenik Mesin.
  • 1962: Program Teknik Penerbangan menjadi pilihan di Departemen Teknik Mesin.
  • 1971: Kelompok Bidang Keahlian Produksi dan Metalurgi dibentuk di Departemen Teknik Mesin.
  • 1991: Program Studi Teknik Penerbangan didirikan karena perkembangan pesat dari industri aviasi tanah air.
  • 1993: Program Magister Ilmu dan Teknik Material didirikan.
  • 1994: Program Studi S1 Teknik Material didirikan.
  • 1997: Departemen Teknik Penerbangan didirikan.
  • 2006: Program Studi Teknik Mesin, Teknik Material, dan Teknik Penerbangan dikelola oleh Fakutas Teknologi Industri (FTI).
  • 2008: Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) didirikan. FTMD terdiri dari 3 program studi yaitu Program Studi Teknik Mesin, Program Studi Aeronotika dan Astronotika, dan Program Studi Teknik Material.

Data

Data Penerimaan Mahasiswa

Gambar 1. Data penerimaan mahasiswa S1 FTMD

Gambar 2. Data penerimaan mahasiswa S2 FTMD

Gambar 3. Data penerimaan mahasiswa S3 FTMD

Data Lulusan

Gambar 4. Data lulusan mahasiswa S1 FTMD

Gambar 5. Data lulusan mahasiswa S2 FTMD

Gambar 6. Data kelulusan mahasiswa S3

IndonesiaEnglish