Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara telah diakreditasi oleh badan akreditasi pendidikan tinggi  nasional dan internasional. Akreditasi dari lembaga independen ini menjamin bahwa kegiatan akademik di FTMD dilaksanakan dengan kualitas dan integritas yang tinggi untuk menghasilkan lulusan berintegritas tinggi yang mampu berkompetisi di kancah global serta riset-riset yang tepat sasaran dan bermanfaat untuk masyarakat.

BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi)

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan serta menyebarluaskan “Paradigma Baru dalam Pengelolaan Pendidikan Tinggi”, dan meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi.

Seluruh program studi S1 di FTMD pada penilaian akreditasi BAN PT tahun 2015 mendapat peringkat akreditasi A (peringkat tertinggi untuk penilaian ekreditasi) dari BAN PT. akreditasi selanjutnya akan dilaksanakan kembali pada tahun 2020.

ASIIN (Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics/Computer Science, the Natural Sciences and Mathematics – Germany)

ASIIN adalah lembaga nirlaba akreditasi pendidikan tinggi dari Jerman yang telah dikenal luas oleh komunitas pendidikan internasional. ASIIN menyediakan sertifikat akreditasi internasional dalam bidang teknik, ilmu alam, dan amtematika. ASIIN menawarkan prosedur akreditasi untuk kualitas pendidikan maupun kualitas sistem manejemen institusi. Selama prosedur akreditasi, parameter kualitas tidak hanya dievaluasi secara sendiri namun juga dievaluasi secara sistemik dan terintegrasi.

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara mendapat akreditasi ASIIN pada tahun 2016 lalu. Akreditasi ini membuktikan bahwa kualitas pendidikan di FTMD berkualitas internasional. Dengan adanya ASIIN, lulusan FTMD dapat bekerja atau melanjutkan sekolah di dunia internasional dengan lebih mudah.

 

 

IndonesiaEnglish