IMG_8149_rzRabu, 23 September 2014, bertempat di Ruang Seminar, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara bekerjasama dengan Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konserfasi Energi (EBTKE) Kementrian Energi dan Sumber Daya Miner mengadakan seminar uji jalan pemamfaatan biodesel 20% (B20). Biodesel adalah bahan bakar mesin diesel yang berasal dari sumber energi terbarukan, seperti minyak sawit. B20 merupakan campuran 20% biodesel dengan 80% minyak solar.

Seminar dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantars yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Dr.Ir. Ignatius Pulung Nurprasetio MSME, dalam kesempatan ini beliau merasa menyampaikan rasa terhormat dengan adanya event atau seminar seperti ini yang bertujuan untuk meningkatkan bangsa dan negara Indonesia dibidang energi baru dan terbarukan. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konserfasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Ridar Mulyana. pada kesempatan ini, Rida mulyana menjelaskan tentang tujuan dari seminar ini salah satu nya adalah sosialisasi uji jalan pemamfaatan biodesel 20% (B20).

Sesi Pertama dipimpin oleh Dr.Ir. Iman Kartolaksono Reksowardojo. Sesi pertama ini dimulai dengan pembicara dari Direktur Bioenergi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Dr Ir Dadan Kusdiana MSc. Pada kesempatan ini beliau menyampaikan mengenai pelaksanaan kajian teknis dan uji pemamfaatan BBM (B20) pada kendaraan bermotor dan alat besar. Seminar dilanjutkan dengan pembicara Prof Tatang Hernas, beliau menyampaikan mengenai sifat/karakteristik bahan bakar biodesel, minyak solar dan campurannya dalam pemamfaatannya untuk kendaraan bermotor dan alat besar. Selanjutnya adalah pemaparan dari Kepala Balai Rekayasa Desain dan Sistem Teknologi (BRDST), BPPT Imam. pada kesempatan ini, beliau menyampaikan mengenai uji mutu bahan bakar (minyak solar, biodiesel dan B20).

IMG_8211_rzSesi kedua dipimpin oleh Surya Darma. Sesi kedua dimulai dengan pembicara dari Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) BPPT mengenai hasil uji kinerja & emisi kendaraan B20 sampai dengan 20.000 km. Pembicara selanjutnya adalah Dr.Ir. Iman Kartolaksono Reksowardojo, pada kesempatan ini beliau menjelaskan mengenai uji emisi mobil B0 dan B20.

Seminar diakhiri dengan praktik uji emisi yang dilakukan oleh Mahasiswa-mahasiwa Teknik Mesin di halaman gedung Labtek 2 Fakultas Teknik mesin dan Dirgantara. Uji emisi dilakukan pada mobil Mitsubishi Pajero sport, Toyota Kijang Inova dan Nissan Chevrolet.

IMG_8106_rzIMG_8229_rz