Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara-ITB bekerja sama dengan Universitas Kebangsaan Malaysia dan Chonbuk National Unversity mengadakan acara “International Student Multidisciplinary Design Camp (IS-DEC)” dengan peserta sekitar 22 mahasiswa dari 9 Perguruan Tinggi Korea, 6 Mahasiswa UKM, Malaysia dan 21 mahasiswa ITB (dari FTMD dan beberapa dari STEI serta FTI). Acara pembukaan yang dilakukan oleh WKMA-ITB Prof.Dr.Ir. Hasanuddin Z. Abidin, M.Sc. dimulai dengan sambutan Prof Andi Isra Mahyudin selaku Ketua pelaksana , kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Prof Yatna Yuwana Martawirya selaku Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara dan selanjutnya D.W.Kim.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kolaborasi “International Student Joint Capstone Design Courses (IS-CAPS)” dengan konsorsium 12 Perguruan Tinggi Korea melalui program Innovation for Engineering Education dengan “Hub” di Chonbuk National University. Partner lainnya adalah UKM, Malaysia.

Kelompok mahasiswa yang terdiri atas mahasiswa Korea + mahasiswa mitra (ITB atau UKM), akan melakukan “Tugas Perancangan” selama 1 semester, diawali dengan Design Camp selama sepekan untuk menghasilkan Design Proposal. Kegiatan design selanjutnya dilakukan melalui komunikasi bersama, dan pada akhirnya akan diselenggarakan Design Camp untuk merealisasikan rancangan mereka.

Selain kegiatan “Capstone Design” jangka panjang, mereka juga diberi “Design Project” untuk diselesaikan dalam 1 hari. Kegiatan membuka wawasan lainnya adalah melakukan “bakti sosial” di desa mitra mahasiswa di Cipanjalu, KBB.

Rencananya kegiatan ini akan berlangsung sampai tanggal 23 Februari 2013. — ww–