Mahasiswa ITB memenangkan Penghargaan Emas dan Perunggu pada Engineering & Solution Design Contest 7TH INTERNATIONAL STUDENTS MULTIDISCIPLINARY DESIGN CAMP (IS-DEC) 2016 di Pulau Langkawi Malaysia

Program IS-DEC merupakan bagian dari Program IS-CAPS (International Students Multidisciplinary Capstone Design Project) yaitu suatu program yang bertujuan memberikan pendidikan rekayasa inovasi bagi mahasiswa. Program ini berlangsung selama 8 bulan dan mempunyai 2 kali kegiatan IS-DEC yang diadakan secara bergantian di Indonesia atau Malaysia untuk putaran pertama dan di Korea untuk putaran kedua. Tujuan dari Program IS-DEC adalah membentuk keterampilan dalam creative design thinking serta membangun kerja sama tim melalui design contest dan community outreach. Pada tahun 2016, Program IS-DEC ke-7 (putaran pertama) yang merupakan bagian dari Program IS-CAPS ke-4 diselenggarakan di Pulau Langkawi, Malaysia pada tanggal 29 Januari – 4 Februari 2016.

Kegiatan ini diikuti oleh 118 mahasiswa, yaitu 24 dari Institut Teknologi Bandung (ITB, Indonesia), 16 dari Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM, Malaysia), 6 dari Nanyang Technological University (NTU, Singapura), 2 dari Tunghai University (TH, Taiwan) dan 68 dari 13 perguruan tinggi Korea Selatan yaitu Soonchunhyang University, Mokpo National University, Jeju National University, Chonbuk National University, Kongju National University, Dongshin University, Wonkwang University, Gwanju University, KwangWoon University, Chungnam National University, Chonnam National University, Chungbuk National University, dan Kunsan National University. Delegasi ITB pada kegiatan ini berdiri dari 7 orang pembimbing dan 24 mahasiswa. Para pembimbing adalah Prof. Dr. Andi Isra Mahyuddin, Dr. Agung Wibowo, Dr. Tatacipta Dirgantara, Dr. Sri Raharno dan Dr. Indria Herman Rachman dari Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) serta Dr. Nedina Sari dan Bismo Djelantik Djojodihardjo, M.Sn dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Dua puluh empat mahasiswa tersebut terdiri dari 3 mahasiswa FSRD, 8 mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI), 7 mahasiswa FTMD, 2 mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), 3 mahasiswa Sekolah Arsitek, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) dan 3 mahasiswa Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI).

Kegiatan yang dilakukan adalah pemberian materi tentang idea & innovation in enterpreneurship, business model canvas, engineering & solution design contest dengan tema temporary shelter, community outreach melalui penanaman pohon bakau, penyusunan proposal IS-CAPS untuk masing-masing kelompok dengan tema Sustainable Design for Smart City and Urban Living dan presentasi proposal IS-CAPS di hadapan para pembimbing. Evaluasi Engineering Design Contest dilakukan oleh 9 dosen pembimbing yang berasal dari ITB, UKM, Universitas Korea dan Tunghai University. Proses evaluasi menghasilkan 1 pemenang golden award, 2 silver awards, dan 5 bronze awards sebagai berikut:

Pemenang Kelompok
Emas
  • ITB dan Dongshin University (Robert – Teknik Mesin, FTMD ITB; Aulia Syaffitri – Arsitektur, SAPPK ITB)
Perak
  • UKM dan Chonbuk National University
  • NTU dan Chungnam National University
Perunggu
  • Soonchunhyang University dan ITB (Gregorius Danish Armad, Ainur Rohma – Teknik Mesin, FTMD ITB; Giovanni Jessica – Teknik Industri, FTI ITB)
  • Chonbuk National University dan NTU
  • Dongshin University, Chonbuk National University dan UKM
  • Mokpo National University dan ITB (Aflin Tris Hibatullah – Teknik Fisika, FTI ITB; Rahasih Lupita Maheswari – Desain Produk, FSRD ITB; Mega Pradipta Fainnalazi – Teknik Mesin, FTMD ITB; Ginani Hening Utami – Arsitektur, SAPPK ITB)
  • Kunsan National University dan UKM