Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Institut Teknologi Bandung mengadakan seminar pengetahuan bagi mahasiswa, yang bertajuk “FTMD Internasional Day 2015”. Seminar ini bertujuan mendekatkan tali silaturahmi antar mahasiswa asing dengan mahasiswa Indonesia yang berada di FTMD-ITB sekaligus sebagai ajang sharing pengalaman belajar di Indonesia, dan memerkenalkan negaranya masing-masing. Pasalnya, pada tahun akademik 2014/2015 semester 2 ini, FTMD-ITB menerima belasan Mahasiswa Asing dari berbagai negara seperti Jepang, Kamboja, Vietnam, Korea, Republik Ceko, dan Nepal mereka berasal dari mahasiswa exchange, double dagree, atau strata-2 yang tersebar di Program Studi Teknik Mesin, Teknik Penerbangan, dan Teknik Material.

Kegiatan Seminar berlangsung di Ruang Seminar Gedung FTMD, Labtek II, Sabtu (09/05/2015), dihadiri belasan mahasiswa Asing, 80 mahasiswa Indonesia , dan Ketua Program Studi FTMD-ITB.

“Tentu kita berharap mahasiswa kita bisa mendapatkan teman melalui perkenalan dan interaksi ini begitu juga dengan mereka”, tutur Zainal Abidin Ketua Program Studi Teknik Mesin, dalam kata sambutannya.

Usai seminar acara dilanjutkan dengan permainan sederhana yang bertujuan mendekatkan diri antar mahasiswa asing dan mahasiswa Indonesia agar tidak adanya kecanggungan, diikuti dengan penuh antusias, yang dipandu Laras dan kawan-kawan. Lalu kemudian para mahasiswa asing mempresentasikan pengalaman dan berbagi wawasan serta kesan mereka selama belajar di Indonesia dan tentang kondisi negara mereka seperti letak geografis, populasi penduduk, makanan khas, tempat wisata serta informasi pendidikan di masing-masing negara seperti informasi pendidikan di Jepang, Republik Ceko, dan Vietnam, hingga estimasi biaya kehidupan disana.

Tanioka Hiroki (Mahasiswa asal Jepang) mengatakan, Ia memilih belajar di Indonesia karena keramah tamahan masyarakatnya ketika Ia melakukan perjalanan ke Surabaya, Yogyakarta, dan Bali, hal inilah yang membuat dirinya merasa nyaman berada di Indonesia.

Kegiatan FTMD Internasional Day 2015 yang pertama kalinya diadakan di lingkungan FTMD-ITB sebagai ajang sharing mahasiswa asing bersama mahasiswa Indonesia di satu fakultas yang memberikan motivasi dan manfaat bagi mahasiswa FTMD-ITB untuk dapat lebih dekat berkenalan, berinteraksi, dan bertukar pikiran bersama mahasiswa asing dari berbagai negara serta menambah pengetahuan tentang gambaran bilamana mengenyam pendidikan di Luar Negeri.–Suci Ambarwati , S.Sos.