20150504_2Rabu 29 April 2015, pukul 9.00-11.00, di Ruang Seminar FTMD, Mahasiswa Teknik Mesin menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan judul Kupas Tuntas Die Casting yang disampaikan oleh Bapak Felix Rikantara , alumni Teknik Mesin ITB 89 – Process Engineering Department Head, Nusa metal Division. Kuliah ini dihadiri oleh sekitar 80 orang Mahasiswa Teknik Mesin FTMD ITB.

Proses manufaktur adalah suatu proses megubah bahan mentah menjadi suatu produk akhir yang memiliki nilai dan manfaat lebih tinggi melalui serangkaian proses teknologi. Terdapat berbagai macam proses manufaktur yang sering digunakan, salah satunya adalah proses die casting. Proses die casting merupakan suatu proses manufaktur yang menggunakan logam cair dan cetakan untuk menghasilkan komponen. Proses ini banyak digunakan dalam dunia industri termasuk industri pembuatan komponen kendaraan bermotor, karena keunggulannya yang dapat menghasilkan bentuk yang mendekati bentuk geometri akhir produk jadi. Proses die casting menjadi salah satu proses yang disukai karena keunggulannya dan terlihat mudah untuk dilakukan, namun terdapat banyak parameter yang menentukan keberhasilan proses ini untuk menghasilkan suatu produk yang baik. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa teknik mesin yang ingin terjun ke dunia manufaktur untuk mengetahui dan memperdalam proses die casting, karena besar kemungkinan akan menjumpai proses casting di industri.

Target kuliah ini antara lain:

    • Menambah ilmu dan wawasan mengenai proses die casting dalam pembuatan suatu produk di industri.
    • Meningkatkan minat mahasiswa untuk mendalami proses manufaktur.
    • Memperkenalkan AOP, sebagai salah satu perusaahn besar yang bergerak di bidang manufacturing parts kendaraan bermotor. —Purnama
20150504_3

20150504_4