Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin 2016 Hari Pertama

Rangkaian kegiatan SNTTM (Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin) XV yang tahun ini digelar FTMD ITB, hari ini tanggal 5 Oktober 2016 dibuka di Aula Barat ITB dengan acara seminar yang berjudul “Harmonisasi Strategi Pemerintah, Industri, dan Perguruan Tinggi Menghadapi Persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”. Acara dibuka dengan sambutan Ketua Panitia SNTTM XV, Dr. Satrio Wicaksono ST., M.Eng. dan dilanjutkan dengan pidato pembuka Rektor ITB yang dibacakan oleh Dr. Miming Miharja, ST,M.Sc.Eng selaku Wakil Rektor Bidang Alumni, Administrasi Umum, dan Komunikasi. Seminar lalu dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong.

whatsapp-image-2016-10-06-at-5-36-36-pmSeminar pleno pertama yang dimoderatori oleh Dr.Ir. Yuli Setyo Indartono mengundang perwakilan dari triple helix industri, yaitu pemerintahan yang diwakili oleh Doddy Rahadi selaku Direktur Industri Logam dari Kementrian Perindustrian, industri yang diwakili oleh Primo Wirasto selaku Director of Sales and Operations PT.KSB Indonesia, dan civitas akademika yang diwakili oleh Prof.Dr.Ir. Djoko Suharto dari Institut Teknologi Bandung.

Pemaparan pertama dari Doddy Rahadi tentang situasi dan rencana perindustrian di Indonesia dilanjutkan dengan presentasi oleh Primo Wirasto tentang peranan KSB dalam membangun perindustrian di Indonesia, serta aspek penting dalam menunjang kompetisi di Masyarakat Ekonomi ASEAN. Prof.Dr.Ir. Djoko Suharto menutup sesi pemaparan dengan menjelaskan tentang lima generasi universitas dan perbedaan peran dan tingkatannya. Acara hari pertama ditutup dengan sesi presentasi poster yang diadakan di Aula Timur ITB.

SNTTM XV berlangsung selama tiga hari tanggal 5-7 Oktober 2016 dan digelar secara paralel dengan Musyawarah Anggota Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKS-TM) serta Lomba Rancang Bangun Mesin (LRBM).

Farraz Akbar

ITB Mechanical Engineering Student

Berita Terkait

IndonesiaEnglish