Tawaran Tugas Akhir/Kerja Praktik/Magang

3D CFD Fire Simulation using FLACS

Tema: Penggunaan metode numerik berbasis dinamika fluida komputasional (CFD) untuk memprediksi pola aliran dan beban struktur serta peralatan akibat ledakan di instalasi minyak dan gas dengan menggunakan perangkat lunak FLACS.

Tugas akhir/Kerja Praktik/Magang akan dibimbing oleh dosen bersama dengan perwakilan dari PT. GexCon Indonesia. Tema yang ditawarkan didasarkan pada kasus-kasus nyata terkait dengan peristiwa kebocoran gas/fluida (loss of containment) dan ledakan yang ditimbulkannya (vapour cloud explosion).

1 2
Fire Simulation in Offshore Platform (CO2)
Fire Simulation in Offshore Platform (CO2)
20160516_Dispersion Simulation on FSPO Module 20160516_Dispersion Simulation in Offshore Platform
Dispersion Simulation on FSPO Module
Dispersion Simulation in Offshore Platform

Profil Perusahaan: PT. GexCon Indonesia adalah konsultan engineering yang bergerak dalam bidang safety and risk assessment terutama untuk fasilitas minyak dan gas. Berkantor pusat di Bergen – Norwegia, GexCon telah selama empat dekade mengembangkan software FLACS dan melakukan validasi secara eksperimen di Pulau Sotra (Norwegia). Saat ini software FLACS telah menjadi standard untuk melakukan studi keselamatan di anjungan minyak dan gas di perusahaan-perusahaan terkemuka.

Pertanyaan mengenai topik ini dapat ditujukan ke:

Teguh Cahyono

Email : teguh@gexcon.com

Telefon : 0878 7304 3433

3D CFD Dispersion/Explosion Simulation using FLACS

20160516_Fire Accident
Fire Accident
Fire accident merupakan salah satu penyebab kerugian terbesar baik dari segi jiwa manusia maupun materi. Untuk fasilitas minyak dan gas beberapa software telah dikembangkan untuk memprediksi akibat yang ditimbulkan oleh salah satu jenis loss of containment ini (fire). FLACS-Fire telah dikembangkan selama sekitar delapan tahun oleh satu tim GexCon AS. Module Fire ini telah berhasil diintegrasikan dengan modul lainnya (Ventilation, Dispersion, Explosion) sehingga keseluruhan analisis bisa dilakukan secara terintegrasi.
FLACS – Fire menyediakan beberapa alternative advanced radiation modeling, hal ini merupakan salah satu karakteristik yang memungkinkan pemakai untuk mendekati permasalahan dengan metoda yang tepat dan efisien. Hasil kajian dari Fire Simulation biasanya digunakan untuk optimasi design anjungan minyak dan gas di lepas pantai maupun darat, meningkatkan kinerja system keselamatan, mengoptimalkan fire detector serta menentukan titik dan lokasi untuk pemasangan alat-alat proteksi.

Dalam tugas dengan topik ini, mahasiswa akan dibimbing untuk mampu mengoperasikan software FLACS-Fire, memprediksi dan menghitung radiasi panas yang ditimbulkan oleh jet fire maupun pool fire dan membuat rekomendasi untuk meningkatkan kinerja system keamanan terhadap api.

20160516_Heat Radiation
Fire Simulation with FLACS – Fire

20160516_Soot
Fire Simulation with FLACS – Fire (Soot)

Selain itu mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk melakukan optimasi system pengamanan api yang komponen utamanya berupa fire/flame detector. Hal ini dilakukan dengan menjalankan ratusan simulasi, mengolah hasil dan menerapkan algorithma optimasi untuk mendapatkan konfigurasi detektor yang optimal.

3D CFD Dispersion/Explosion Simulation using FLACS

20160516_Flammable Cloud
Dispersion Simulation with FLACS (Flammable Cloud)

Loss of Containment dapat terjadi di fasilitas minyak dan gas jika suatu fluida yang berwujud cair ataupun gas terlepas dari wahana yang menyimpannya. Fluida ini ada yang disimpan dalam kondisi bertekanan tinggi, suhu tinggi atau keduanya. Selain itu fluida ini bisa bersifat mudah terbakar (flammable) dan juga bersifat beracun (toxic). Dalam safety study, perhitungan terhadap volume gas yang mudah terbakar (flammable cloud) sangat diperlukan untuk memperkirakan dampak yang mungkin ditimbulkan.
FLACS merupakan software berbasis CFD terdepan yang mampu memprediksi secara akurat ukuran flammable cloud yang terjadi di suatu fasilitas minyak dan gas serta penyebaran gas beracun dengan mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan seperti kecepatan dan arah angina, temperature ambient dan geometry. Perhitungan terhadap pola penyebaran gas melalui dispersion simulation ini juga akan membantu dalam mengoptimalkan konfigurasi toxic/flammable detector

20160516_Offshore Platform
Dispersion Simulation with FLACS in Offshore Platform

20160516_Blast wall
Explosion Simulation with FLACS in Offshore Platformwith Blast wall

Dalam tugas ini, mahsiswa akan diberikan tugas untuk memperkirakan volume flammable cloud yang mungkin terjadi akibat loss of containment, melakukan analisis dampak ledakan (explosion simulation), serta membuat rekomendasi yang mungkin untuk mengurangi dampak yang diakibatkan seperti mengoptimalkan tata letak peralatan maupun lokasi dinding penahan tekanan (blast wall)

Integrated Fire, Explosion and Structural Response Analysis

 20160516_deformasi 120160516_deformasi 220160516_deformasi 3

Tekanan yang dialami oleh komponen mekanik serta analisa tegangan dan deformasi yang ditimbulkan

Dalam tugas ini, mahasiswa akan terlibat dalam menganalisis dampak explosion serta jet fire yang mungkin terjadi pada suatu instalasi berdasarkan hasil perhitungan numerik (FEM Simulation). Selain akan dihadapkan pada kasus-kasus nyata yang terjadi di industri, mahasiswa juga akan diberi kesempatan untuk mengembangkan methoda serta tool yang dapat diguanakan secara praktis untuk mengambil data CFD simulation dan menerapkannya pada FEM Simulation.

 20160516_1 20160516_2 20160516_3

Analisis terintegrasi beban thermal akibat jet fire yang menimpa pada vertical stabilizer column

 

Setelah menyelesaikan tugas ini, mahasiswa diharapkan untuk mampu meningkatkan kemampuan analisa terhadap masalah riil yang terjadi diindustri, bekerja dengan team internasional GexCon, serta meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dalam lingkup technical report dan diskusi ilmiah

Berita Terkait

IndonesiaEnglish