Dubes Libya Mr. Abdussame akan berkunjung ke ITB

Kondisi negara Libya yang tidak menentu memaksa pemerintah Indonesia mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI), termasuk mahasiswa Indonesia yang tengah berkuliah di sana. Sebagai gantinya, pemerintah melalui Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan Nasional memberikan bantuan kepada para mahasiswa tersebut agar bisa melanjutkan studinya di berbagai universitas di Tanah Air. Akan tetapi walaupun demikian, tidak menyurutkan pemerintah Indonesia dalam hal ini FTMD-ITB  untuk terus melakukan komunikasi dan kerjasama dengan pemerintahan Libya khususnya bidang penelitian dan pelatihan. Hal ini terbukti dengan rencana kedatangan Dubes Libya untuk Indonesia yaitu Mr. Abdussame, M.Sc beserta staffnya  ke ITB yang dijadwalkan bertemu dengan Rektor ITB Prof. Akhmaloka  dan dengan mahasiswa Libya yang sedang studi di ITB , juga ingin melihat fasilitas laboratorium di ITB dan membahas rencana kerjasama ITB dengan berbagai pihak Libya (EDB, NASR, NOC, AlFatah, dll).

Menurut Hari Muhamad, Ph.D yang saat ini menjadi Wakil Dekan Bidang Akademik FTMD, diharapkan dengan kunjungan Dubes Libya nanti ke ITB, akan membahas tentang rencana kerja sama ITB dgn bebarapa pihak di Libya. Beliau juga menambahkan bahwa saat ini ada 4 orang mahasiswa asal  negara Libya  yang sedang study S2 pada Prodi Teknik Mesin FTMD ITB dari total 12 orang  mahasiswa Libya se-ITB . Untuk Internasionalisasi ITB, tentu negara Timur Tengah merupakan pasar yang cukup potensial bagi ITB.

Rencana kunjungan Dubes Libya tersebut, merupakan bentuk “kunjungan balasan”  atau tindaklanjut kerjasama antara libya dengan Indonesia. Seperti diketahui bahwa FTMD ITB pada bulan januari 2010 telah melakukan kunjungan ke libya untuk membicarakan hal-hal yang bermanfaat bagi kedua belah pihak diantaranya yaitu bidang mechanical engineering, material science & engineering, serta bidang aeerospace. Sebagai perwakilan FTMD saat itu adalah  Hari Muhammad, Ph.D, Dr. Ir. Tatacipta Dirgantara, MT serta Dr. Ir. Andi Isra Mahyuddin. Dalam kesempatan tersebut delegasi FTMD berkesempatan mengunjungi beberapa instansi terkait seperti Al-Fatah University, dan Libyan Economic Development Board (EDB).  Dalam foto di atas tampak Dr. Ir. Andi Isra Mahyuddin sebagai salah satu delegasi ITB sedang meninjau salah satu laboratorium di Universitas Al Fatah Libya. Pak Andi panggilan akrab beliau, saat ini menjabat sebagai  Koordinator Kerjasama Luar Negeri FTMD-ITB.  Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat pada lampiran berikut ini.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish