Workshop Teknologi dan Penggunaan Material Tahan Aus

Program Studi Teknik Material FTMD ITB pada hari senin 25 Juli 2011, bertempat di ruang seminar Teknik  Mesin FTMD lantai 2 telah mengadakan Workshop Teknologi dan Penggunaan Material Tahan Aus. Acara yang berlangsung dari pukul 08.30 s/d 15.00 ini, dibuka dengan sambutan pertama oleh Ketua Program Studi Teknik Material FTMD yaitu Dr. Ir. Husaini Ardy dan sambutan kedua oleh Prof. Dr. Ir. Rochim Suratman sebagai Ketua KK Ilmu dan Teknik Material. Workshop tersebut dihadiri oleh 85 peserta yang datang dari kalangan perguruan tinggi, lembaga penelitian dan industri pembuat/pengguna material.

Tujuan dari workhop ini diantaranya yaitu memberi kesempatan kepada peneliti untuk mendapatkan informasi praktis tentang pemakaian material tahan aus. Dan bagi kalangan industri pembuat material dalam negeri diberi kesempatan untuk menyampaikan kemampuan mereka dalam membuat material tahan aus. Sedangkan bagi industri penggguna material tahan aus diberi kesempatan untuk menyampaikan pengalaman baja tahan aus.

Acara yang dimoderatori oleh Dr. Ir. Arif Basuki dari KK Ilmu dan Teknik Material, membahas tentang “Pemakaian Baja Tahan Aus di Industri Alat Berat” yang disampaikan oleh Ir. Pratjojo Dewo, M.Sc (Direktur PT Komatsu Indonesia), “Pemakaian Baja Tahan Aus di Industri Semen” yang disampaikan oleh Ir. Agus B. Nurbiantoro (Direktur Litbang PT Semen Padang), “Pemakaian Baja Tahan Aus di Industri Pertambangan Batubara” disampaikan¬† oleh Bambang Sigit Sumartono (PT Bukit Asam Tbk), dan Ir. Djoko Mulyono seorang GM Quality Control PT Krakatau Steel menjelaskan tentang Produksi Baja Tahan Aus di PT Krakatau Steel. Di akhir acara Dr. Ir, Arif Basuki menyampaikan rangkuman materi workshop, sedangkan Dr. Ir. Husaini Ardy berkenan menutup acara workshop. (yhg)

Berita Terkait

IndonesiaEnglish